TEKNIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR 2015
I. Overview
• Sarana Penunjang : Slide Show, Video, Animasi, Foto, etc.
• Kegiatan:
– Penjelasan materi praktikum oleh pengajar (dosen)
– Pencatatan pada Log Book
– Diskusi terbuka
II. Praktikum
Kegiatan:
• Pelaksanaan praktikum berkelompok
• Pengamatan Objek
• Pencatatan/ menggambar hasil pengamatan praktikum pada Lembar Kerja (LK)
• Pengumpulan LK
• Diskusi Kelompok
• Quiz
• Tugas Kelompok
• Laporan Praktikum (dikumpulkan 1 pekan setelah pelaksanaan praktikum)
III. Diskusi
a. Kata Kunci (Keyword)
• Kata Kunci berkaitan dengan materi praktikum, dan dihubungkan dengan dunia peternakan
• 1 kata kunci untuk 2 kelompok
• Judul makalah merujuk pada kata kunci
Kata Kunci diberikan 1 minggu sebelum praktikum pada Blog Biofapet
b. Kelompok Penyaji
Kegiatan: Presentasi makalah (Power Point Max 5 Slide)
(Durasi 8 menit)
c. Kelompok Pembahas
Kegiatan: Pengujian kelompok penyaji melalui pertanyaan & boleh memberi tambahan informasi.
(Pertanyaan max.5, min.3)
Keterangan : Setiap kelompok menyerahkan soft copy slide show pada asisten sebelum pelaksanaan praktikum sebagai Syarat Mengikuti Praktikum pada hari yang bersangkutan.
IV. Tugas – Tugas
• Tugas Individu
– Summary dari overview yang disampaikan (dikumpulkan minggu selanjutnya). Format : Essay (max.2 halaman)
– Lembar Kerja Praktikum (LK)
• Tugas Kelompok
– Makalah (Cantumkan Kata Kunci pada Cover Makalah)
Judul disesuaikan dengan Kata Kunci untuk setiap kelompok.
Kata Kunci dapat diakses pada blog Biologi Fapet: https://biofapet.wordpress.com
– Slide Power point sebagai bahan presentasi (max. 5 slide)
– Laporan Akhir Praktikum
V. Komponen Penilaian
1. Kelengkapan tugas : Summary, Makalah, Laporan Praktikum, Lembar Kerja, Log Book (Log book dikumpulkan pada akhir pelaksanaan praktikum)
2. Diskusi : Keaktifan & Penguasaan materi
3. Quiz
4. UAS Praktikum
TATA TERTIB PRAKTIKUM
1.Praktikan siap 10 menit sebelum praktikum dimulai
2.Mengenakan Jas lab sebelum masuk laboratorium
3.Mengenakan Name Tag (5x10cm) berisi NPM dicetak tebal.
4.Menanggalkan alas kaki di luar pintu
5.Menon-aktifkan alat komunikasi
6.Mengumpulkan Tugas (Summary, soft copy Slide Show, Makalah, dan Laporan Praktikum) sebagai syarat untuk mengikuti praktikum. Absensi dilakukan saat pengumpulan tugas.
7.Posisi duduk disesuaikan dengan kelompok masing-masing
8.Mengikuti setiap rangkaian kegiatan praktikum dengan tertib
9. Keterlambatan tidak diperkenankan mengikuti praktikum pada hari yang bersangkutan.
Catatan :
Praktikan yang melanggar tata tertib dikeluarkan dari kegiatan praktikum
Laporan Akhir
Pelaksanaan praktikum akan terasa miskin makna dan kurang berkesan tanpa diakhiri dengan pembuatan Laporan Akhir sebagai representasi dari kegiatan praktikun secara utuh. Pembuatan laporan akhir diharapkan dapat menjadi sebuah sarana untuk menbangun budaya ilmiah mahasiswa yang berkorelasi positif terhadap pembentukan karakter mahasiswa peternakan.
Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi pada pembuatan laporan akhir :
1. Kesalahan tata tulis Laporan.
2. Kesalahan perihal isi laporan dan korelasi setiap bab di dalam laporan akhir.
3. Sumber kepustakaan yang digunakan.
Kedua hal tersebut sering sekali terjadi, kemungkinan terbesar adalah karena kebiasaan sewaktu di SMA yang masih terbawa-bawa dan kurangnya perhatian dan kerja tim pada saat penyusunan laporan akhir praktikum.
Kami mencoba memberikan solusi terhadap masalah tersebut dengan cara menampilkan contoh dari bentuk laporan akhir yang diharapkan. silakan unduh arsip lengkapnya di format summary makalah dan laporan akhir
utk for,at penulisan makalah nya mana kak ^^
Iya, de skrg di upload… maaf ya lama
Kak laporan akhir 1 kelompok 1 atau per orang?
untuk laporan akhir perkelompok ya 🙂